Popular Post

Posted by : Unknown Kamis, 13 Maret 2014


Setiap presenter tentu ingin menampilkan presentasi menarik yang terus dikenang audiens. Adakah tips sederhana agar seorang presenter mampu melakukan hal tersebut?
Dalam artikel berikut, saya akan berbagi tujuh tips untuk membantu Anda menampilkan presentasi yang menarik dan terus dikenang oleh audiens.

1. Ciptakan Pembukaan Yang Berkesan

Pembukaan yang menarik dan berkesan adalah kunci pertama. Pembukaan berperan untuk menarik perhatian audiens dan mengajak mereka mendengarkan presentasi Anda. Agar dapat memberikan presentasi yang menarik, pikirkan pembukaan Anda secara cermat. Anda bisa menggunakan cerita, pertanyaan, kutipan, atau memulainya dengan sebuah data dan fakta. Pilih pembukaan yang tepat dan mampu menarik perhatian audiens Anda.

2. Tutup Presentasi Dengan Mantap

Jika pembukaan berfungsi menarik perhatian, maka penutup presentasi berfungsi untuk merangkum inti presentasi agar diingat terus oleh audiens. Penutup yang baik akan mengandung sebuah ajakan atau “call to action”. Sebuah ajakan seorang presenter kepada audiensnya. Anda bisa mengajak audiens untuk bersikap, menyetujui sebuah pendapat, membeli sebuah produk, atau memberi perhatian khusus pada topik yang baru selesai dibahas.
Coba pikirkan jika audiens hanya ingat satu hal saja dari presentasi Anda, maka masukkan satu hal tersebut dan jadikan penutup presentasi yang mantap.

3. Gunakan Slide Yang Sederhana dan Visual

Sebuah presentasi diuntungkan dengan adanya alat komunikasi visual berbentuk slide. Namun tak jarang slide membawa bencana ketika digunakan dengan salah. Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membuat slide yang salah tersebut. Cukup pikirkan bagaimana ide-ide yang Anda punya bisa dijelaskan secara visual dan sederhana. Visual artinya bisa dilihat dan dibayangkan. Sederhana artinya semudah mungkin dipahami orang. Coba pilih cara terbaik dan termudah menjelaskan ide Anda. Apakah ide Anda mudah dijelaskan dengan sebuah gambar, diagram, tabel, atau apapun bentuk visual terbaik yang mudah dipahami orang.

4. Pastikan Presentasi Anda Memiliki Struktur Yang Baik

Betapa banyak pembicara yang hebat berbicara, namun orang tetap kesulitan menangkap inti pembicaraan. Ini terjadi karena apa yang disampaikan tidak memiliki struktur. Sebagai seorang presenter yang baik, Anda perlu menciptakan struktur dalam presentasi Anda. Struktur sederhana cukup dengan pembuka, isi, penutup. Tentukan sudut pandang apa yang Anda gunakan sebagai pembuka, jelaskan poin-poin utama yang menjadi argumentasi dalam isi presentasi Anda, lalu rangkum dalam penutup yang mudah diingat dan dibawa pulang. Selesai. Tidak perlu cara yang rumit untuk membuat presentasi Anda memiliki struktur.

5. Tularkan Semangat dan Antusiasme Anda

Audiens hadir mendengarkan presentasi Anda karena mereka ingin belajar sesuatu. Mereka ingin mendapatkan sesuatu dari Anda. Mereka rela menghabiskan waktu untuk Anda. Karena itu, hargai mereka. Miliki semangat ketika Anda memberikan presentasi. Tunjukkan antusiasme Anda kepada audiens. Ingat, semangat dan antusiasme itu menular. Ketika Anda semangat, maka audiens pun ikut semangat. Ketika Anda loyo, audiens pun akan tertidur.

6. Persiapkan Dengan Matang Agar Anda Layak Menjadi Pemenang

Presentasi yang sukses selalu diawali dengan persiapan yang matang. Sediakan waktu yang cukup untuk melatih apa-apa yang akan Anda sampaikan. Latih di depan cermin, latih di depan teman-teman Anda. Lewat latihan dan persiapan yang matang, Anda akan maju beberapa langkah dalam keberhasilan sebuah presentasi.

7. Terus Belajar dan Asah Kemampuan

Manusia yang baik akan terus belajar. Setiap kali selesai presentasi, lakukan evaluasi untuk menentukan apa yang perlu Anda perbaiki dalam presentasi berikutnya. Baca buku presentasi yang berkualitas, dengarkan video dari presenter handal, dan berlatihlah pada orang yang Anda percaya.
Dengan demikian, kemampuan presentasi Anda akan terus terasah dari waktu ke waktu dan Anda bisa menjadi presenter yang inspiratif sehingga terus dikenang audiens.
Selamat menampilkan presentasi yang menarik.
Photo Credit: Al Gore by CGIAR Climate

Sumber: http://www.presentasi.net/kunci-menampilkan-presentasi-menarik/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Power Point Ku - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -